Jumat, 08 Juli 2011

deskripsi sistem informasi perpustakaan

Deskripsi

Software Pembuatan Program Database Perpustakaan ini menggunakan Bahasa Pemprograman Microsoft Visual Basic 6.0 dengan Microsoft Acces 2007 sebagai aplikasi pendukung dalam pembuatan Database Perpustakaan . Database Perpustakaan ini merupakan tempat sekumpulan informasi tentang peminjaman buku yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam sistem transaksi peminjaman buku. Selain itu Program Basis Data ini memuat data Anggota, Data Penyumbang, dan Buku yang tersedia di perpustakaan tersebut. Selain untuk mempercepat dalam penanganan informasi, program ini juga dimaksudkan untuk mempermudah petugas perpustakaan dalam proses peminjamn buku dan proses pengembalian buku.

Dengan adanya software database Perpustakaan ini ditujukan agar petugas perpustakaan tidak lagi menggunakan cara manual dalam melakukan proses kegiatan perpustakaan, dimulai dari pengisiaan formulir anggota hingga proses peminjaman buku dan pengemballian buku kini dapat dilakukan dengan mudah, petugas cukup dengan menginputkan dari software database yang telah dibuat. Softaware ini juga dilengkapi dengan form pencarian buku sehingga anggota perpustakaan yang ingin meminjam buku dapat dengan mudah menemukan buku tersebut karena software ini dilengkapi dengan no rak setiap buku cukup dengan mengetik keyword buku yang ingin dipinjamnya. Software ini juga mempunyai tampilan yang menarik dan mudah dimengerti sehingga petugas dapat dengan mudah untuk mengoperasikan software database perpustakaan ini. Denda bagi anggota yang melanggar peraturan perpustakaan juga tersedia dalam software database perpustakaan ini, denda ini akan terjadi secara otomatis disaat anggota melakukan pelanggaran baik keterlambatan pengembalian, perusakan buku dan kehilangan buku, sistem denda ini mencetak id anggota dan nama anggota secara otomatis disaat proses pengembaliannya mengalami masalah.






Software database ini mempunyai Menu utama sebagai tampilan awal dalam software ini. Di dalam menu utama terdapat beberapa sub menu pilihan yaitu sebagai berikut :
1. Menu Kalender
Menu kalender ini berfungsi untuk menginformasikan tanggal (date) kegiatan perpustakaan yang sedang berlangsung. Yaitu disaat pengisian formulir, peminjaman dan pengembalian buku.
2. Menu Master
Di dalam Menu Mater ini terdapat 5 Buah Sub Menu yaitu Menu formulir pendaftaran anggota , Menu pengolahan data anggota , Menu data buku, dan Menu data penyumbang.
 Menu Formulir
Menu ini berfungsi untuk melakukan pendaftaran anggota perpustakaan. Menu ini merupakan menu yang bertugas untuk melakukan Pengisian formulir anggota
 Menu Anggota
Menu ini berisi data anggota yang berhasil terdaftar menjadi anggota perpustakaan setelah melakukan pengisian formulir, di dalam menu ini anggota diharuskan mengisi biodata anggota masing-masing.
 Menu Data Buku
Menu ini berisi data-data buku yang tersedia dalam perpustakaan dan didalam menu ini kita dapat memasukkan data-data buku yang baru tersedia pada perpustakaan. Menghapus data , dan mengedit data.
 Menu Data Penyumbang
Menu Penyumbang ini berisi data-data penyumbang atau donator yang menyumbang sebagian dananya untuk perpustakaan baik berupa uang maupun berupa buku pelajaran. Di dalam Menu Donatur, kita dapat menginput, mengedit, dan menghapus data,serta bisa menghapus data apabila terdapat kesalahan dalam pengisian data


3. Menu Transaksi
Di dalam Menu Mater Transaksi terdapat 2 Buah Sub Menu yaitu Menu Peminjamn buku dan Menu pengembalian buku .
 Menu Peminjamn buku
Menu ini berfungsi sebagai proses peminjaman buku, anggota yang ingin meminjam buku cukup memasukkan id anggota, nama anggota dan kode buku yang ingin dipinjam, apabila anggota sulit untuk menemukan buku yang ingin dipinjam anggota bisa melakukan pencarian buku di menu pencarian buku.
 Menu Pengembalian buku
Menu ini berisi data-data anggota yang meminjam buku dan menu pengembalian ini berfungsi untuk menginformasikan tanggal pengembalian buku, apabila anggota terlambat mengembalikan buku maka anggota akan terkena sanksi dan denda.

4. Menu Informasi
Di dalam Menu Mater ini terdapat 2 Buah Sub Menu yaitu Menu Informasi Peminajamn buku dan Menu pencarian buku .
 Menu Informasi Peminjaman
Menu ini berfungsi untuk menginformasikan tentang ketersediaan buku,daftar anggota peminjam buku, dan daftar anggota yang telah mengembalikan buku, Menu ini berisi data anggota yang melakukan peminjaman buku dan data anggota yang melakukan pengembalian buku.
 Menu Pencarian Buku
Menu ini berisi data-data buku, seperti judul,penerbit,pengarang, tahun terbit dan letak rak masing-masing buku. Menu ini berfungsi untuk menginformasikan data-data buku dan letak rak setiap buku, sehingga mempermudah anggota untuk melakukan pencarian buku.



 Menu Denda
Menu ini berisi daftar anggota yang terkena sanksi atau denda oleh petugas, karena melakukan beberapa pelanggaran, seperti terlambat mengembalikan buku, menghilangkan dan merusak buku.

5. Menu Keluar
Menu ini berfungsi untuk mengakhiri proses Database Perpustakaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar