PEMBAHASAN
1. Definisi
#CGI
CGI(Command Gateway Interface) adalah suatu bentuk komunikasi dimana client (browser) dapat mengirimkan suatu masukan kepada server, dan server mengolah masukan tersebut serta mengembalikannya kepada client (browser)
Program CGI adalah program yang didisain untuk menerima dan mengembalikan data sesuai dengan spesifikasi CGI. Program tersebut dapat ditulis menggunakan bahasa pemrograman seperti C, Perl, Java atau Visual Basic.
#Perl
Perl merupakan singkatan dari Practical Extraction and Report Language, dibuat oleh Larry Wall.
Perl adalah bahasa interpreter sekaligus kompiler, artinya Perl akan mendeteksi setiap baris untuk mencari syntax error sebelum program dijalankan.
2. Arsitektur
3. Konsep
#Variabel di Perl
• Perl memiliki tiga tipe data: skalar, array, dan hash.
• Skalar menyimpan nilai tunggal, array menyimpan kumpulan skalar dengan urutan tertentu, sedangkan hash menyimpan kumpulan skalar berpasangan.
• Sebuah variabel dinyatakan dengan tanda awalan tertentu yang merujuk pada tipe data yang dikandungnya, serta nama yang berfungsi sebagai pengenal.
• Tanda pengenal adalah $ untuk skalar, @ untuk array, dan % untuk hash.
• Nama variabel terdiri atas huruf dan angka, disebut juga alfanumerik (karakter “_” dihitung sebagai huruf).
• Nama variabel tidak boleh dimulai dengan angka.
• Tidak ada ketentuan mengikat mengenai berapa panjang nama variabel yang boleh digunakan.
1. Skalar
Variabel skalar menyimpan unit data yang paling mendasar. Apa yang dikandung skalar, itu jugalah yang bisa dikandung oleh array dan hash. Sebuah skalar hanya mengandung string atau angka. Ini juga berarti bahwa semua informasi—dari manapun asalnya—akan diperlakukan sebagai string atau angka. String dikutip menggunakan kutip ganda atau kutip tunggal. Angka bisa berupa bilangan bulat, oktal, heksadesimal, maupun pecahan desimal.
$nama = ‘hasan’;
$_nama2 = $nama . ‘t’; # hasant
$tahun = 2001;
$satu_dollar = 8500.43;
$dua_tahun_lalu = $tahun - 2; # 1999
Untuk memasukkan kutip tunggal dalam string yang dikutip tunggal digunakan \ (garis miring terbalik) di depannya. Begitupun untuk memasukkan kutip ganda dalam string yang dikutip ganda. Dan untuk memasukkan \ itu sendiri, tambahkan \ satu lagi. Ini disebut meng-escape character.
$putih = ‘#FFFFFF’;
$body = “”;
$dialog = ‘”Dia t\’lah pergi,” katanya’;
2. Array
Array didefinisikan dengan memasukkan elemen-elemennya ke dalam tanda kurung dan dipisahkan dengan , (koma). Koma tidak wajib diletakkan pada elemen terakhir. Di Perl, ini sebenarnya sebuah konstruksi data yang disebut list.
@minuman = (’kopi’, ‘teh’, ‘air’);
Kadang-kadang kedua istilah ini, array dan list, bisa dipertukarkan, dan memiliki makna yang sama. Namun, harus disadari bahwa keduanya tetap berbeda secara logik. Array adalah jenis variabel, sementara list adalah konstruksi data. Dalam pengertian singkat, bisa dikatakan bahwa array adalah list yang bernama. Semua array berisi list, tapi tidak semua list berupa array. Dengan pengertian ini kita bisa mendefinisikan sekumpulan variabel skalar dalam list.
($satu, $dua, $tiga) = (1, 2, 3);
Elemen array diakses dengan sintaks $array[0], angka di dalam “[]” menujukkan indeks elemen dimulai dari 0, yang berarti elemen pertama. Indeks negatif (dimulai dari -1) menghitung elemen dari belakang.
$minuman[0] # berisi “kopi”
$minuman[2] # berisi “air”
$minuman[-1] # sama, berisi air
Jika kebetulan semua elemen array tidak ada yang mengandung spasi, maka kita bisa mendefinisikan sebuah array tanpa menggunakan tanda kutip dan koma. Sebagai gantinya kita menggunakan operator qw().
@minuman = qw(kopi teh air);
3. Hash
Definisi hash mirip dengan array. Setiap elemen hash terdiri atas pasangan indeks (key) dan nilai (value). Berbeda dengan array, indeks di hash menggunakan string, dan nilainya bisa diakses dengan sintaks $hash{’indeks’}.
%aplikasi = (
‘bahasa’, ‘perl’,
’server’, ‘apache’,
‘teks’, ‘vim’,
);
print $aplikasi{’bahasa’}; # perl
Indeks yang mengandung karakter sederhana tidak perlu dikutip karena otomatis dianggap sebagai string. Namun jika indeks mengandung karakter selain huruf dan angka, kutip harus digunakan. Hal ini juga berlaku ketika mengakses elemen. Jadi, $aplikasi{’bahasa’} bisa ditulis sebagai $aplikasi{bahasa}.
Benar dan Salah. Kadang-kadang Anda tidak ingin mengetahui nilai kembalian dari sebuah ekspresi, baik string maupun angka, Anda hanya ingin tahu benar atau salah. Perl tidak punya jenis data boolean khusus. Nilai sebuah ekspresi adalah salah satu dari: tak terdefinisi (undefined), benar (true), atau, salah (false). Untuk memudahkan urusan, selanjutnya saya akan menyebut “tak terdefinisi” dengan “undef”. Aturan Perl sederhana, semua nilai benar, kecuali yang undef, string kosong (“” atau ‘’), angka 0, dan string “0″.
4. Struktur
PERL – Header HTTP
Karena kita sedang bekerja dalam Web. Kita harus mengenal HTTP. Sehingga PERL dapat dikerjakan di Web. Untuk itu perlu digunakan kode-kode agar dapat memanggilnya di HTTP.Contoh :
firstscript.pl:
#!/usr/bin/perl
print "content-type: text/html \n\n";
Sampai saat ini yang telah sibuat adalah baris perl Intrepeter . Baris untuk pengenalan di HTTP agar dapat mengerjakan PERL dalam PERL juga sudah di buat.
PERL - Hello, PERL! Script
Setelah membuat kedua baris dia atas. Barulah teks dapat di cetak di Web.
helloperl.pl:
#!/usr/bin/perl
print "content-type: text/html \n\n";
print "Hello, PERL!";
Maka hasil nya adalah Hello, PERL! Di dalam Web. Langsung dan sederhana.
PERL – Syntak
PERL meggunakan sintak yang sangat spesifik yang sangat penting untuk menghindari kesalahan atau kegagalan delam men-debugging kode-kode.
PERL Nama File
Skrip perl dapat dibuat dalam program teks editor yang sederhana. Ada beberapa program yang tersedia untuk tiap-tiap jenis platform. Ada banyak program yang dirancang untuk para programer yang dapat di download dalam Web.
Dengan mengabaikan program yang telah dipilih, file perl harus di beri nama dengan a.pl (.PL) agar dikenali sebagai skrip dalam PERL. Nama file bisa dengan angka, lambang, dengan catatan tidak menggunakan space/spasi. Gunakan garis bawah sebagai pegganti space/spasi.
Contoh PERL:
my1stPERLscrtip.pl
1st_PERLscript.pl
PERL - Komentar
Seperti bahasa program lainnya, PERL menawarkan penulisan komentar dengan tanda #. Apapun termasuk kata, spasi, lambang, angka akan diabaikan oleh program. Program yang baik selalu memberikan tempat untuk komentar yang dapat membantu dalam penjelasan program yang dibuat, ini merupakan cara yang baik agar kode atau skrip yang dibuat dapat di mengerti orang. Komentar sangat penting jika ingin menunjukkan kepada orang banyak.
PERL Comment:
#!/usr/bin/perl
print "Content-type: text/html \n\n"; # the header
#########################################
#Comments start with a #
#########################################
Contoh diatas mungkin sering dilihat ketika mendownload dari web.
PERL – Skrip pertama
Program pertama kita adalah untuk mencetak “Hello, World!”, walaupun sangat sederhana tapi bagus untuk permulaan. Buat kode dan document teks baru dengan teks editor kemudian di simpan dengan nama a.pl. Perhatikan sejak kita meggunakan/menjalankan program dalam Web browser dan jangan lupa tambahkan “header” agar dapat diketahui kita menggunakan Web.
:
#!/usr/bin/perl
Suatu header harus terdapat di dalam skrip PERL sebagai ciri modul yang digunakan untuk keseluruhan skrip. Sejak kita menfokuskan ke aplikasi Web PERL. Header tersebut tidak akan berubah dalam tutorial ini, kecual kita menggunakan modul CGI nantinya.
PERL Header:
#!/usr/bin/perl
print "Content-type: text/html \n\n"; # ini adalah header untuk aplikasi web
Header harus diikuti dengan karakter (\n).yang merupakan syaratnya
PERL Code:
#!/usr/bin/perl
print "Content-type: text/html \n\n"; # the header
print "Hello, World!";
Display:
helloworld.pl
________________________________________
Hello, World!
Skrip yang dibuat akan ditampilkan dalam dokumen HTML, dengan demikian kita juga dapat membuat kode HTML di dalam PERL
Perlu diingat yang tidak kalah pentingnya adalah untuk Men-CHMOD program perl yang sudah dibuat dengan 755 yang memberikan akses kepada semua user untuk menjalankan dan membaca program.
PERL – Karakter Escaping
Dalam PERL kita menggunakan backslash untuk karakter spesial. Karakter escape digunakan jika kita memakai lambang dollar ($) tanda (@) dan tanda petik (’).Lambang dollar dapat diartikan sebagai variabel sedangkan tanda @ diartikan sebagai array. Untuk itu digunakan tanda backslash untuk mencetak karakter ini.
Kode PERL:
#!/usr/bin/perl
print "Content-type: text/html \n\n"; # the header
$string = "David paid \$4.34 for Larry\'s shirt.";
$email = "youremail\@youremail.com";
print "$string
";
print "$email
";
print '$string and $email';
Display:
escape.pl
________________________________________
David paid $4.34 for Larry's shirt.
youremail@youremail.com
$string and $email
5. Cara Running
Saat nya megupload program.pl kedalam Web server dan menjalankannya. Setelah mengupload pastikan untuk hak akses user dapat melakukan eksekusi untuk memberikan hak akses guakan perintah chmod program biasanya dengan 755.
PERL - Debugging Program
Jika menggunakn FTP untuk mengupload program harus disertai dengan ASCII. Gunanya agar tidak terdapat karakter aneh akibat meng-Copi ke system operasi yang berbeda.Teknik lain yang tak kalah hebatnya adalah mengisolasi kode yang sedang digunakan.Dapat di lakukan dengan megisolasi bagian yang Error saja.
6. Contoh Program
Translate
Mengapa saya memerlukan skrip CGI sih?
CGI merupakan singkatan dari "Common Gateway Interface 'dan cukup sederhana adalah cara untuk mengambil informasi dari satu lokasi (seperti situs web Anda) dan memasukkan ke dalam yang lain (seperti email Anda) dengan beberapa aturan dan tugas-tugas di sepanjang jalan.
Seorang pengunjung tiba pada website anda menempatkan beberapa data ke dalam bentuk dan menyentuh tombol kirim, CGI Script akan mengambil data dan melakukan apa yang Anda minta dengan itu dan kemudian mengirim pengunjung di mana Anda ingin mereka pergi.
Skrip CGI akan menggunakan Perl di server web Anda. Script CGI mengirimkan permintaan ke Perl Software yang melakukan semua pekerjaan.
Jadi, Anda memiliki permintaan halaman web seperti formulir atau counter, ia akan mengirimkan data atau untuk meminta Anda Script CGI Perl Software akan digunakan untuk mengikuti petunjuk dalam CGI Script.
Download script pengujian dan membukanya
Sekarang download file test.zip kami format WinZip komputer Anda, unzip script dan meletakkan file pada tempat Anda dapat menemukannya.
Jadi, Anda sekarang memiliki sebuah file yang bernama test.cgi jangan pernah buka file ini dengan menggunakan perangkat lunak apapun selain NotePad, untuk memastikan yang tidak NotePad WordPad atau Word dan sebagian besar tidak jelas FrontPage. Pada beberapa server UNIX naskah anda harus dalam format UNIX, download sebuah teks editor seperti Notepad + + dan kemudian menyimpan naskah dalam format UNIX.
Jika Anda tidak sengaja membuka file dalam sesuatu selain NotePad silakan menghapus file dan unzip lagi.
Apa masalah besar dengan cara Anda membuka file? CGI script berisi format yang terlihat oleh Anda dan saya, tetapi yang diperlukan untuk menjalankan skrip. Buka di dalam perangkat lunak yang salah, bahkan jika Anda tidak mengubah apa pun akan menyebabkan script untuk berhenti bekerja.
Sekarang menggunakan script NotePad terbuka, klik [file] lalu [terbuka] mengubah [file jenis] untuk [semua file] menemukan dan membuka script.
Menemukan Jalan Untuk Perl
Sekarang anda perlu mengubah baris pertama script Anda untuk mencari jalan untuk Perl, ini adalah software pada server web Anda bahwa script yang akan mengirimkan informasi tersebut kepada.
Perusahaan hosting Anda akan memberi tahu Anda apa yang Path Untuk Perl adalah, yang paling umum tercantum di bawah ini jika Anda memiliki hosting UNIX.
#! / usr / bin / perl
#! / usr / local / bin / perl
#! / usr / sbin / perl
#! / usr / lib / perl
Jika Anda memiliki Windows hosting maka hal-hal yang bisa mendapatkan sedikit rumit, kebanyakan skrip CGI telah ditulis untuk UNIX server. Hampir semua web hosting di server UNIX. Pada banyak Windows hosting server Anda tidak memerlukan Path Untuk Perl sama sekali dan Anda bisa menghapus garis script, jika anda menemukan Anda membutuhkannya maka akan terlihat seperti ini c: \ perl \ bin \perl.exe lagi host Anda akan membiarkan Anda tahu apa itu.
Oke, jadi Anda telah mengubah baris pertama script dan file disimpan.
Jumat, 30 Desember 2011
Contoh Program Enkapsulasi

import java.text.DecimalFormat;
public class DemoEnkapsulasi
{
public static void main(String[]args)
{
DecimalFormat digitPosisi=new DecimalFormat();
System.out.println("\nDemo Enkapsulasi");
HitungGaji bony=new HitungGaji();
bony.setGaji(250000000);
bony.hitungGaji();
System.out.println("Informasi Gaji Pegawai:");
System.out.println("\nBesar Gaji kotor : "+digitPosisi.format(bony.getgajiKotor()));
System.out.println("\nBesar Gaji yang dibawa pulang : "+digitPosisi.format(bony.getgajiBersih()));
}
}
class HitungGaji
{
private double gajiKotor,gajiSetelahPajak;
public double gajiBersih;
private double potongan=75000000;
public void setGaji(double gaji)
{
gajiKotor=gaji;
}
private void hitungGaji()
{
return gajiSetelahPajak=gajiKotor-(0.2/gajiKotor);
return gajiBersih=gajiSetelahPajak-potongan;
}
public double getgajiKotor()
{
return gajiKotor;
}
public double getgajiBersih()
{
return gajiBersih;
}
public double gethitungGaji()
{
return hitungGaji();
}
}
Output :
Kamis, 29 Desember 2011
contoh gui java teks berjalan

import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
class Kanvas extends Canvas
{
private int x;
private int y;
private int dx;
private int dy;
{
x=10;
y=30;
dx=5;
dy=5;
setBackground( Color.green);
}
public void paint (Graphics g)
{
g.setColor( Color.red);
g.setFont(new Font("bisa",Font.BOLD,14));
g.drawString("ini adalah tulisan yang bergerak dari kiri ke kanan",x,y);
g.setColor(Color.BLACK);
g.setColor (Color.black);
}
public void ubahX(int xx)
{
x=xx;
}
public int nilaiX()
{
return(x);
}
public void ubahY(int yy)
{
y=yy;
}
public int nilaiY()
{
return(y);
}
}
class frame extends JFrame implements ActionListener
{
private Kanvas kanvas = new Kanvas();
private JPanel paneltombol = new JPanel();
private JLabel arah=new JLabel(">>");
private boolean mlaku=false;
private int jalan=1;
private int arahbenda=2;
frame()
{
super("ANIMASI_VINSENT");
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocation(550,150);
setSize(550,150);
arah.setFont(new Font ("Arial Narrow",Font.BOLD,15));
arah.setHorizontalAlignment(JLabel.CENTER);
paneltombol.setLayout(new GridLayout(1,3));
getContentPane().setLayout(new BorderLayout());
getContentPane().add(kanvas,BorderLayout.CENTER);
getContentPane().add(paneltombol,BorderLayout.SOUTH);
getContentPane().add(paneltombol,BorderLayout.NORTH);
show();
while(mlaku=true)
{
if(kanvas.nilaiX()>=kanvas.getWidth()-5)
arahbenda=-1;
else if(kanvas.nilaiX()<=0)
arahbenda=1;
if (arahbenda==1)
{
kanvas.ubahX(kanvas.nilaiX()+5);
arah.setText(">>");
}
else
{
kanvas.ubahX(kanvas.nilaiX()-5);
arah.setText("<<");
}
kanvas.repaint();
try
{
Thread.sleep(50);
}
catch(Exception e)
{
}
}
}
}
public void actionPerformed(ActionEvent e)
{
Object objek= e.getSource();
mlaku=true;
}
}
class ANIMMMASI
{
public static void main(String [] args)
{
new frame();
}
}
Output :
kp bab 4
4.1 SISTEM PRODUKSI
Dalam materi Sistem Produksi perlu didukung oleh teori-teori lain:
1. Ekonomi Teknik
2. Analisa Break Event Point (BEP)
3. Ekonomi Produksi
4. Biaya-biaya dalam proses manufaktur
5. Harga produk dan Harga Pokok Penjualan
4.1.1 Ekonomi Teknik
Analisa Ekonomi Teknik adalah kumpulan metode yang digunakan untuk menganalisa alternatif-alternatif mana yang harus dipilih secara sistematis sesuai dengan kondisi-kondisi tertentu. Pengertian dasar ekonomi yang banyak digunakan adalah aliran kas, pengaruh terhadap nilai uang, ekuivalen, suku bunga majemuk, suku bunga nominal dan efektif jika inflasi diperhitungkan maka analisa harus dilakukan dalam daya beli tetap.
4.1.2 Analisa Break Event Point (BEP)
Analisa ini biasanya digunakan untuk memperkirakan berapa minimal perusahaan harus bisa menghasilkan dan menjual produknya agar tidak menderita rugi atau sering juga dikatakan bahwa perusahaan yang Break Event adalah perusahaan yang memperoleh laba = Rp 0,00
Untuk bisa menggunakan analisa ini, diperlukan beberapa persyaratan, antara lain :
1. Biaya bisa dibagi menjadi Biaya Tetap dan Biaya Variabel
2. Perusahaan hanya menjual satu jenis produk saja. Kalaupun perusahaan menghasilkan lebih dari satu jenis produk, komposisi produk-produk ini dianggap tetap.
3. Unit yang dihasilkan adalah sama dengan unit yang dijual
Break Event Point (BEP) adalah suatu titik yang menyatakan atau menggambarkan besarnya Total biaya sama dengan Total pendapatan
Hal ini dapat ditulis dengan perhitungan sebagai berikut :
TC = TR
FC + VC = TR
TC = FC + VC
FC + cX = pX
Dimana : TC : Total biaya (Total Cost)
TR : Total pendapatan (Total Revenue)
FC : Biaya tetap (Fixed Cost)
VC : Biaya variabel (Variable Cost)
c : Biaya/unit
X : Output (Variable Output)
p : Harga jual/unit (price/unit)
Jadi dengan BEP, suatu perusahaan dapat memproduksi suatu produk sebanyak X unit dimana jika X diatas titik BEP maka perusahaan akan mengalami keuntungan. Sedangkan X dibawah titik BEP perusahaan akan mengalami kerugian.
Cost BEP
Daerah untung
Daerah rugi
X Volume Produksi
Grafik : BEP
Pada perusahaan BEP digunakan untuk menganalisa berbagai permasalahan menyangkut biaya produksi. Permasalahan yang dapat dianalisa dan diberi solusi yang menguntungkan antara lain adalah untuk mencari output minimum dimana perusahaan sudah mendapat profit, menentukan investasi, untuk menentukan apakah perusahaan lebih mendapat untung dengan membeli material atau memproduksi sendiri.
4.1.3 Ekonomi Produksi
Ekonomi Produksi merupakan manajemen perekonomian yang ada dalam pembuatan suatu produk pada sistem produksi yang bertujuan untuk :
1. Menemukan variabel-variabel biaya yang berpengaruh dalam proses produksi
2. Mencari dan memecahkan masalah biaya-biaya proses produksi dalam pembuatan suatu produk
3. Menetukan jumlah minimal suatu porduk
4. Mengetahui laba atau rugi suatu produk tersebut diproduksi
4.1.4 Biaya-biaya dalam Proses Manufaktur
Biaya-biaya yang ada dalam proses manufaktur terdiri dari :
Biaya Tetap (Fixed Cost) dan Biaya Tidak Tetap (Variabel Cost)
• Biaya-biaya tetap (fixed cost) yaitu biaya-biaya yang besarnya tidak dipengaruhi oleh volume produksi. Beberapa macam biaya yang termasuk biaya-biaya tetap adalah biaya gedung, biaya tanah, biaya mesin dan biaya peralatan, dll.
• Biaya variabel (variable cost) yaitu biaya-biaya yang besarnya tergantung (biasanya secara linier) terhadap volume produksi. Biaya-biaya yang tergolong biaya variabel diantaranya adalah biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung, dll.
• Biaya total (total cost) adalah jumlah dari biaya tetap dan biaya variabel.
Bila digambar dalam grafik maka biaya-biaya tersebut terlihat seperti dibawah ini :
biaya biaya biaya
variabel cost total cost
fixed cost fixed cost
volume produksi volume produksi volume produksi
Gambar 2.1: Analisa Biaya Produksi
Biaya Awal dan Biaya Operasi
• Biaya Awal adalah semua biaya yang dikeluarkan sebelum proses porduksi berlangsung. Sebagai contoh : Biaya Pembelian tanah, Biaya Pembelian Mesin, dll.
• Biaya Operasi adalah biaya yang dikeluarkan secara periodik untuk operasi proses yang ada. Sebagai contoh : Biaya Pemeliharaan umum, Biaya Fasilitas.
Biaya Langsung dan Biaya Tidak Langsung
• Biaya Langsung adalah Biaya yang dapat diidentifikasikan dan dihitung berdasarkan proses dari produk yang dihasilkan.
• Biaya Tidak Langsung adalah Biaya yang tidak dapat dihitung secara langsung berdasarkan proses dari produk yang dihasilkan.
4.1.5. Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjualan
Harga Pokok Produksi adalah Harga yang dimasukkan dalam produksi selama periode berjalan. Harga Pokok Produksi terdiri dari Biaya bahan baku, Biaya Tenaga kerja langsung, Biaya Overhead pabrik. Sedangkan Harga Pokok Penjualan adalah Biaya yang dihasilkan dari produk yang telah dijual. Harga Pokok Penjualan berasal dari Harga Pokok Produksi ditambah dengan prosentase laba dari Harga Pokok Produksi.
Bilamana biaya produksi atau biaya manufactur per unit produk ingin diketahui maka dapat diperoleh dengan formulasi :
HPP =
Dimana : HPP = Biaya produksi per unit
Tc = Total biaya produksi
Q = Jumlah / volume produksi yang dihasilkan.
Jika biaya produksi per unit diketahui maka kita dapat menetapkan harga jual sesuai dengan keuntungan yang kita inginkan dan diformulasikan sebagai berikut :
HP = HPP + (HPP x % keuntungan)
Dimana : HP = Harga jual produk per unit
HPP = Biaya produksi per unit
% = Prosentase keuntungan yang diinginkan
Dari perhitungan yang ada akan diketahui nilai sekarang atau pendapatan bersihnya (NPV).
4.2 Pengumpulan Data
Dari hasil pengamatan yang telah kami lakukan terhadap permintaan jenis tinta,adapun batasan – batasan yang harus dilakukan oleh PT SINAR SYNO KIMIA antara lain:
1. PT SINAR SYNO KIMIA ( cabang ) harus membeli bahan baku yang dikirim oleh perusahaan pusat. Hal itu terjadi karena perusahaan pusat harus membeli bahan baku tinta dari perusahaan laen atau dari pihak luar.
2. Semua penjualan tinta yang ada di PT SINAR SYNO KIMIA ( cabang ) harus dikirim kembali ke perusahaan pusat. Setalah itu baru perusahaan pusat mendistribusikan uang tersebut untuk memperlancar proses produksi seperti gaji pekerja, pembelian bahan baku, pembayaran listrik, dll.
3. PT SINAR SYNO KIMIA ( cabang ) didirikan untuk memenuhi kebutuhan tinta PT. DJIWI KIMIA. Tbk.
4. Biaya listrik, biaya telp, biaya air, biaya transportasi masuk dalam biaya variabel karena biaya tersebut tergantung atas biaya pemakaianya.
Sedangkan untuk biaya – biaya yang terdapat di dalamnya sebagai berikut :
4.2.1 Biaya Variabel
Yang terdapat dalam biaya variabel di dalam PT SINAR SYNO KIMIA antara lain:
Biaya bahan baku
1. Tinta garis buku
2. Tinta amplop
3. Wrapping Ink
4. Cartoon Box Ink
Biaya bahan baku tiap pada bulan tinta garis buku
No. Jenis bahan baku Banyak(kg) Harga/kg Jumlah
1 Medium R/L 8000 Rp 20.000 Rp 160.000.000
2 DEG (solven) 3000 Rp 15.000 Rp 45.000.000
3 Defoamer 3000 Rp 30.000 Rp 90.000.000
4 Warna dasar 4000 Rp 30.000 Rp 120.000.000
5 sulvinol 2000 Rp 20.000 Rp 40.000.000
Rp 455.000.000
Biaya bahan baku tiap pada ulantinta amplop
No. Jenis bahan baku Banyak(kg) Harga/kg Jumlah
1 Medium R/L 9000 Rp 20.000 Rp 180.000.000
2 DEG (solven) 2000 Rp 15.000 Rp 30.000.000
3 Defoamer 2000 Rp 30.000 Rp 60.000.000
4 Warna dasar 5000 Rp 30.000 Rp 150.000.000
5 sulvinol 1000 Rp 20.000 Rp 20.000.000
Rp 440.000.000
Biaya bahan baku tiap bulan pada tinta wrapping ink
No. Jenis bahan baku Banyak(kg) Harga/kg Jumlah
1 Medium R/L 9000 Rp 20.000 Rp 180.000.000
2 DEG (solven) 3000 Rp 15.000 Rp 45.000.000
3 Defoamer 1500 Rp 30.000 Rp 45.000.000
4 Warna dasar 3000 Rp 30.000 Rp 90.000.000
5 sulvinol 1500 Rp 20.000 Rp 30.000.000
Rp 390.000.000
Biaya bahan baku tiap bulan pada tinta carton box ink
No. Jenis bahan baku Banyak(kg) Harga/kg Jumlah
1 Medium R/L 9000 Rp 20.000 Rp 180.000.000
2 DEG (solven) 2000 Rp 15.000 Rp 30.000.000
3 Defoamer 2000 Rp 30.000 Rp 60.000.000
4 Warna dasar 4000 Rp 30.000 Rp 120.000.000
5 sulvinol 1000 Rp 20.000 Rp 20.000.000
Rp 410.000.000
Dari perhitungan diatas, diketahui bahwa biaya bahan baku untuk pembuatan tinta dalam satu bulan antara lain :
1. Tinta garis buku sebesar Rp 455.000.000
2. Tinta amplop sebesar Rp 440.000.000
3. Wrapping Ink sebesar Rp 390.000.000
4. Cartoon Box Ink sebesar Rp 410.000.000
Sehingga untuk biaya keseluruhan bahan baku yang harus di keluarkan oleh perusahaan PT. SINAR SYNO KIMIA untuk setiap bulannya adalah Rp. 1.695.000.000,00 .
Sedangkan untuk menyamakan perhitungan semua biaya di hitung dalam satu tahun, sehingga biaya bahan baku tiap tahunnya sebesar Rp. 1.695.000.000 x 12 bulan = Rp. 20.340.000.000,00 yang harus dikeluarkan perusahaan PT. SINAR SYNO KIMIA.
Biaya tenaga kerja
Di bagi menjadi menjadi 2 macam antara lain :
• Tim tenaga kerja Implant sebanyak 9 orang
Untuk gaji over time (lembur) 30% dari gaji pokok
Untuk tiap bulan @ Rp. 334.500,00 x 12 bulan = Rp. 4.014.000,00
Tunjangan hari raya keagamaan @ Rp. 1.500.000,00
Rp. 1.500.000,00 x 9 orang = Rp. 13.500.000,00
Tunjangan bonus akhir tahun @ Rp 1.115.000,00
Rp 1.115.000,00 x 9 orang = Rp. 10.035.000,00
Tunjangan Jamsostek dan kesehatan tiap tahunnya 80% gaji pokok
Untuk @ Rp 892.000,00 x 9 orang = Rp.8.028.000,00
• Tim tenaga kerja Reguler sebanyak 11 orang
Tunjangan hari raya keagamaan @ Rp. 1.500.000,00
Rp. 1.500.000,00 x 11 orang = Rp. 16.500.000,00
Tunjangan bonus akhir tahun @ Rp 1.115.000,00
Rp 1.115.000,00 x 11 orang = Rp. 12.265.000,00
Tunjangan Jamsostek dan kesehatan tiap tahunnya 80% gaji pokok
Untuk @ Rp 892.000,00 x 11 orang = Rp. 9.812.000,00
Didalam tim reguler tidak ada jam lembur (over time)
Listrik per bulan Rp. 400.000,00
Untuk setahun 12 x Rp. 400.000,00 = Rp. 4.800.000,00
Air untuk per bulan Rp. 100.000,00
Untuk setahun 12 x Rp. 100.000,00 = Rp. 1.200.000,00
Telp per bulan Rp. 400.000,00
Untuk setahun 12 x Rp. 400.000,00 = Rp. 4.800.000,00
Transpotasi per bulan Rp. 500.000,00 ,jadi untuk 1 tahun adalah Rp. 500.000,00 x 12 = Rp. 6.000.000,00
4.2.2 Biaya Tetap
Sewa rumah
Untuk 1 tahun Rp 3.000.000,00
Tenaga kerja cuci drum
Untuk tiap minggu sebanyak 300 drum, @ Rp. 1.000 = 300 x 1.000
= Rp. 300.000,00
Jadi sebulan = Rp. 300.000,00 x 4 = Rp. 1.200.000,00
Setahun = Rp. 1.200.000,00 x 12 = Rp. 14.400.000,00
Biaya perawatan (maintenance)
Untuk mobil : oli mesin dan servis per bulan = Rp. 300.000,00
Rp. 300.000,00 x 12 = Rp 3.600.000,00
Untuk mesin produksi : Rp. 100.000,00
Rp. 100.000,00 x 12 = Rp. 1.200.000,00
Gaji pokok tenaga kerja
Untuk gaji tiap karyawan baik implant maupun reguler mendapatkan gaji pokok yang sama yaitu sebesar @ Rp 1.115.000,00.
Untuk karyawan implan dan reguler sebanyak 20 orang
= Rp. 1.115.000,00 x 20 orang = Rp. 22.300.000,00
4.3 Perhitungan biaya
Diketahui :
- Semuanya dihitung dalam satu tahun.
- Biaya bahan baku Rp. 20.340.000.000,00
- Gaji over time ( lembur ) Rp. 4.014.000,00 x 9 orang = Rp. 36.126.000,00
- Tunjangan hari raya keagamaan = Rp. 13.500.000,00 + Rp. 16.500.000,00 = Rp. 30.000.000,00
- Tunjangan bonus akhir tahun = Rp. 10.035.000,00 + Rp. 12.265.000,00 = Rp. 22.300.000,00
- Tunjangan Jamsostek dan kesehatan = Rp.8.028.000,00 + Rp. 9.812.000,00 = Rp. 17.840.000,00
- Biaya listrik = Rp. 4.800.000,00
- Biaya telp = Rp. 4.800.000,00
- Biaya air = Rp. 1.200.000,00
- Biaya transportasi = Rp. 6.000.000,00
- Biaya sewa rumah = Rp. 3.000.000,00
- Tenaga kerja cuci drum = Rp. 14.400.000,00
- Biaya perawatan mobil + mesin = Rp 3.600.000,00 + Rp. 1.200.000,00 = Rp. 4.800.000,00
- Gaji pokok tenaga kerja baik implant maupun reguler = Rp. 22.300.000,00
Ditanya : Total Biaya
Jawab :
Biaya Tetap (Fixed Cost)
- Biaya bahan baku Rp. 20.340.000.000,00
- Gaji over time ( lembur ) Rp. 36.126.000,00
- Tunjangan hari raya keagamaan Rp. 30.000.000,00
- Tunjangan bonus akhir tahun Rp. 22.300.000,00
- Tunjangan Jamsostek dan kesehatan Rp. 17.840.000,00
- Biaya listrik Rp. 4.800.000,00
- Biaya telp Rp. 4.800.000,00
- Biaya air Rp. 1.200.000,00
- Biaya transportasi Rp. 6.000.000,00 +
TOTAL Rp. 20.458.266.000,00
Biaya Variabel
- Biaya sewa rumah Rp. 3.000.000,00
- Tenaga kerja cuci drum Rp. 14.400.000,00
- Biaya perawatan mobil + mesin Rp. 4.800.000,00
- Gaji pokok tenaga kerja implant + reguler Rp. 22.300.000,00 +
TOTAL Rp. 44.500.000,00
TOTAL KESELURUHAN Rp. 20.502.766.000,00
Diketahui : Total Biaya = Harga Pokok Produksi = Rp. 20.502.766.000,00
Ditanya : Harga Jual Produk
Jawab :
HPP = = Rp. 20.502.766.000,00 / 75000 = Rp. 273.370,23
Rp. 273.370,00/ unit
Asumsi Keuntungan yg diperoleh adalah 25 % maka:
Harga jual produk = HPP + (HPP x 25 %)
= R Rp. 273.370,00+ (Rp. 273.370,00x 25 %)
= Rp.341.712,5/unit Rp. 341.712,00 / unit
Pendapatan = Harga jual x Q
= Rp. 341.712,00 x 75000 = Rp. 25.628.400.000,00 / bulan
Diketahui : Fixed Cost =Rp. 20.458.266.000,00
Variable Cost = Rp. 44.500.000,00
Harga jual produk = Rp. 341.712,00 /unit
Ditanya : Jumlah Produk yang dibuat untuk mencapai titik BEP
Jawab :
BEP =
= Rp 102.291.330.000,0
Grafik Analisa BEP
Biaya
Untung VC
Rugi TC
Rp.102.291.330.000,00
Rp.20.458.266.000,00 FC
VL
463 unit
Gambar 4.. Break Event Point dalam waktu 1 tahun
Keterangan gambar :
• VL : Volume Produksi
• FC : Fixed Cost (biaya tetap)
• TC : Total Cost (biaya total)
• VC : Variabel Cost (biaya variabel)
Dalam materi Sistem Produksi perlu didukung oleh teori-teori lain:
1. Ekonomi Teknik
2. Analisa Break Event Point (BEP)
3. Ekonomi Produksi
4. Biaya-biaya dalam proses manufaktur
5. Harga produk dan Harga Pokok Penjualan
4.1.1 Ekonomi Teknik
Analisa Ekonomi Teknik adalah kumpulan metode yang digunakan untuk menganalisa alternatif-alternatif mana yang harus dipilih secara sistematis sesuai dengan kondisi-kondisi tertentu. Pengertian dasar ekonomi yang banyak digunakan adalah aliran kas, pengaruh terhadap nilai uang, ekuivalen, suku bunga majemuk, suku bunga nominal dan efektif jika inflasi diperhitungkan maka analisa harus dilakukan dalam daya beli tetap.
4.1.2 Analisa Break Event Point (BEP)
Analisa ini biasanya digunakan untuk memperkirakan berapa minimal perusahaan harus bisa menghasilkan dan menjual produknya agar tidak menderita rugi atau sering juga dikatakan bahwa perusahaan yang Break Event adalah perusahaan yang memperoleh laba = Rp 0,00
Untuk bisa menggunakan analisa ini, diperlukan beberapa persyaratan, antara lain :
1. Biaya bisa dibagi menjadi Biaya Tetap dan Biaya Variabel
2. Perusahaan hanya menjual satu jenis produk saja. Kalaupun perusahaan menghasilkan lebih dari satu jenis produk, komposisi produk-produk ini dianggap tetap.
3. Unit yang dihasilkan adalah sama dengan unit yang dijual
Break Event Point (BEP) adalah suatu titik yang menyatakan atau menggambarkan besarnya Total biaya sama dengan Total pendapatan
Hal ini dapat ditulis dengan perhitungan sebagai berikut :
TC = TR
FC + VC = TR
TC = FC + VC
FC + cX = pX
Dimana : TC : Total biaya (Total Cost)
TR : Total pendapatan (Total Revenue)
FC : Biaya tetap (Fixed Cost)
VC : Biaya variabel (Variable Cost)
c : Biaya/unit
X : Output (Variable Output)
p : Harga jual/unit (price/unit)
Jadi dengan BEP, suatu perusahaan dapat memproduksi suatu produk sebanyak X unit dimana jika X diatas titik BEP maka perusahaan akan mengalami keuntungan. Sedangkan X dibawah titik BEP perusahaan akan mengalami kerugian.
Cost BEP
Daerah untung
Daerah rugi
X Volume Produksi
Grafik : BEP
Pada perusahaan BEP digunakan untuk menganalisa berbagai permasalahan menyangkut biaya produksi. Permasalahan yang dapat dianalisa dan diberi solusi yang menguntungkan antara lain adalah untuk mencari output minimum dimana perusahaan sudah mendapat profit, menentukan investasi, untuk menentukan apakah perusahaan lebih mendapat untung dengan membeli material atau memproduksi sendiri.
4.1.3 Ekonomi Produksi
Ekonomi Produksi merupakan manajemen perekonomian yang ada dalam pembuatan suatu produk pada sistem produksi yang bertujuan untuk :
1. Menemukan variabel-variabel biaya yang berpengaruh dalam proses produksi
2. Mencari dan memecahkan masalah biaya-biaya proses produksi dalam pembuatan suatu produk
3. Menetukan jumlah minimal suatu porduk
4. Mengetahui laba atau rugi suatu produk tersebut diproduksi
4.1.4 Biaya-biaya dalam Proses Manufaktur
Biaya-biaya yang ada dalam proses manufaktur terdiri dari :
Biaya Tetap (Fixed Cost) dan Biaya Tidak Tetap (Variabel Cost)
• Biaya-biaya tetap (fixed cost) yaitu biaya-biaya yang besarnya tidak dipengaruhi oleh volume produksi. Beberapa macam biaya yang termasuk biaya-biaya tetap adalah biaya gedung, biaya tanah, biaya mesin dan biaya peralatan, dll.
• Biaya variabel (variable cost) yaitu biaya-biaya yang besarnya tergantung (biasanya secara linier) terhadap volume produksi. Biaya-biaya yang tergolong biaya variabel diantaranya adalah biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung, dll.
• Biaya total (total cost) adalah jumlah dari biaya tetap dan biaya variabel.
Bila digambar dalam grafik maka biaya-biaya tersebut terlihat seperti dibawah ini :
biaya biaya biaya
variabel cost total cost
fixed cost fixed cost
volume produksi volume produksi volume produksi
Gambar 2.1: Analisa Biaya Produksi
Biaya Awal dan Biaya Operasi
• Biaya Awal adalah semua biaya yang dikeluarkan sebelum proses porduksi berlangsung. Sebagai contoh : Biaya Pembelian tanah, Biaya Pembelian Mesin, dll.
• Biaya Operasi adalah biaya yang dikeluarkan secara periodik untuk operasi proses yang ada. Sebagai contoh : Biaya Pemeliharaan umum, Biaya Fasilitas.
Biaya Langsung dan Biaya Tidak Langsung
• Biaya Langsung adalah Biaya yang dapat diidentifikasikan dan dihitung berdasarkan proses dari produk yang dihasilkan.
• Biaya Tidak Langsung adalah Biaya yang tidak dapat dihitung secara langsung berdasarkan proses dari produk yang dihasilkan.
4.1.5. Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjualan
Harga Pokok Produksi adalah Harga yang dimasukkan dalam produksi selama periode berjalan. Harga Pokok Produksi terdiri dari Biaya bahan baku, Biaya Tenaga kerja langsung, Biaya Overhead pabrik. Sedangkan Harga Pokok Penjualan adalah Biaya yang dihasilkan dari produk yang telah dijual. Harga Pokok Penjualan berasal dari Harga Pokok Produksi ditambah dengan prosentase laba dari Harga Pokok Produksi.
Bilamana biaya produksi atau biaya manufactur per unit produk ingin diketahui maka dapat diperoleh dengan formulasi :
HPP =
Dimana : HPP = Biaya produksi per unit
Tc = Total biaya produksi
Q = Jumlah / volume produksi yang dihasilkan.
Jika biaya produksi per unit diketahui maka kita dapat menetapkan harga jual sesuai dengan keuntungan yang kita inginkan dan diformulasikan sebagai berikut :
HP = HPP + (HPP x % keuntungan)
Dimana : HP = Harga jual produk per unit
HPP = Biaya produksi per unit
% = Prosentase keuntungan yang diinginkan
Dari perhitungan yang ada akan diketahui nilai sekarang atau pendapatan bersihnya (NPV).
4.2 Pengumpulan Data
Dari hasil pengamatan yang telah kami lakukan terhadap permintaan jenis tinta,adapun batasan – batasan yang harus dilakukan oleh PT SINAR SYNO KIMIA antara lain:
1. PT SINAR SYNO KIMIA ( cabang ) harus membeli bahan baku yang dikirim oleh perusahaan pusat. Hal itu terjadi karena perusahaan pusat harus membeli bahan baku tinta dari perusahaan laen atau dari pihak luar.
2. Semua penjualan tinta yang ada di PT SINAR SYNO KIMIA ( cabang ) harus dikirim kembali ke perusahaan pusat. Setalah itu baru perusahaan pusat mendistribusikan uang tersebut untuk memperlancar proses produksi seperti gaji pekerja, pembelian bahan baku, pembayaran listrik, dll.
3. PT SINAR SYNO KIMIA ( cabang ) didirikan untuk memenuhi kebutuhan tinta PT. DJIWI KIMIA. Tbk.
4. Biaya listrik, biaya telp, biaya air, biaya transportasi masuk dalam biaya variabel karena biaya tersebut tergantung atas biaya pemakaianya.
Sedangkan untuk biaya – biaya yang terdapat di dalamnya sebagai berikut :
4.2.1 Biaya Variabel
Yang terdapat dalam biaya variabel di dalam PT SINAR SYNO KIMIA antara lain:
Biaya bahan baku
1. Tinta garis buku
2. Tinta amplop
3. Wrapping Ink
4. Cartoon Box Ink
Biaya bahan baku tiap pada bulan tinta garis buku
No. Jenis bahan baku Banyak(kg) Harga/kg Jumlah
1 Medium R/L 8000 Rp 20.000 Rp 160.000.000
2 DEG (solven) 3000 Rp 15.000 Rp 45.000.000
3 Defoamer 3000 Rp 30.000 Rp 90.000.000
4 Warna dasar 4000 Rp 30.000 Rp 120.000.000
5 sulvinol 2000 Rp 20.000 Rp 40.000.000
Rp 455.000.000
Biaya bahan baku tiap pada ulantinta amplop
No. Jenis bahan baku Banyak(kg) Harga/kg Jumlah
1 Medium R/L 9000 Rp 20.000 Rp 180.000.000
2 DEG (solven) 2000 Rp 15.000 Rp 30.000.000
3 Defoamer 2000 Rp 30.000 Rp 60.000.000
4 Warna dasar 5000 Rp 30.000 Rp 150.000.000
5 sulvinol 1000 Rp 20.000 Rp 20.000.000
Rp 440.000.000
Biaya bahan baku tiap bulan pada tinta wrapping ink
No. Jenis bahan baku Banyak(kg) Harga/kg Jumlah
1 Medium R/L 9000 Rp 20.000 Rp 180.000.000
2 DEG (solven) 3000 Rp 15.000 Rp 45.000.000
3 Defoamer 1500 Rp 30.000 Rp 45.000.000
4 Warna dasar 3000 Rp 30.000 Rp 90.000.000
5 sulvinol 1500 Rp 20.000 Rp 30.000.000
Rp 390.000.000
Biaya bahan baku tiap bulan pada tinta carton box ink
No. Jenis bahan baku Banyak(kg) Harga/kg Jumlah
1 Medium R/L 9000 Rp 20.000 Rp 180.000.000
2 DEG (solven) 2000 Rp 15.000 Rp 30.000.000
3 Defoamer 2000 Rp 30.000 Rp 60.000.000
4 Warna dasar 4000 Rp 30.000 Rp 120.000.000
5 sulvinol 1000 Rp 20.000 Rp 20.000.000
Rp 410.000.000
Dari perhitungan diatas, diketahui bahwa biaya bahan baku untuk pembuatan tinta dalam satu bulan antara lain :
1. Tinta garis buku sebesar Rp 455.000.000
2. Tinta amplop sebesar Rp 440.000.000
3. Wrapping Ink sebesar Rp 390.000.000
4. Cartoon Box Ink sebesar Rp 410.000.000
Sehingga untuk biaya keseluruhan bahan baku yang harus di keluarkan oleh perusahaan PT. SINAR SYNO KIMIA untuk setiap bulannya adalah Rp. 1.695.000.000,00 .
Sedangkan untuk menyamakan perhitungan semua biaya di hitung dalam satu tahun, sehingga biaya bahan baku tiap tahunnya sebesar Rp. 1.695.000.000 x 12 bulan = Rp. 20.340.000.000,00 yang harus dikeluarkan perusahaan PT. SINAR SYNO KIMIA.
Biaya tenaga kerja
Di bagi menjadi menjadi 2 macam antara lain :
• Tim tenaga kerja Implant sebanyak 9 orang
Untuk gaji over time (lembur) 30% dari gaji pokok
Untuk tiap bulan @ Rp. 334.500,00 x 12 bulan = Rp. 4.014.000,00
Tunjangan hari raya keagamaan @ Rp. 1.500.000,00
Rp. 1.500.000,00 x 9 orang = Rp. 13.500.000,00
Tunjangan bonus akhir tahun @ Rp 1.115.000,00
Rp 1.115.000,00 x 9 orang = Rp. 10.035.000,00
Tunjangan Jamsostek dan kesehatan tiap tahunnya 80% gaji pokok
Untuk @ Rp 892.000,00 x 9 orang = Rp.8.028.000,00
• Tim tenaga kerja Reguler sebanyak 11 orang
Tunjangan hari raya keagamaan @ Rp. 1.500.000,00
Rp. 1.500.000,00 x 11 orang = Rp. 16.500.000,00
Tunjangan bonus akhir tahun @ Rp 1.115.000,00
Rp 1.115.000,00 x 11 orang = Rp. 12.265.000,00
Tunjangan Jamsostek dan kesehatan tiap tahunnya 80% gaji pokok
Untuk @ Rp 892.000,00 x 11 orang = Rp. 9.812.000,00
Didalam tim reguler tidak ada jam lembur (over time)
Listrik per bulan Rp. 400.000,00
Untuk setahun 12 x Rp. 400.000,00 = Rp. 4.800.000,00
Air untuk per bulan Rp. 100.000,00
Untuk setahun 12 x Rp. 100.000,00 = Rp. 1.200.000,00
Telp per bulan Rp. 400.000,00
Untuk setahun 12 x Rp. 400.000,00 = Rp. 4.800.000,00
Transpotasi per bulan Rp. 500.000,00 ,jadi untuk 1 tahun adalah Rp. 500.000,00 x 12 = Rp. 6.000.000,00
4.2.2 Biaya Tetap
Sewa rumah
Untuk 1 tahun Rp 3.000.000,00
Tenaga kerja cuci drum
Untuk tiap minggu sebanyak 300 drum, @ Rp. 1.000 = 300 x 1.000
= Rp. 300.000,00
Jadi sebulan = Rp. 300.000,00 x 4 = Rp. 1.200.000,00
Setahun = Rp. 1.200.000,00 x 12 = Rp. 14.400.000,00
Biaya perawatan (maintenance)
Untuk mobil : oli mesin dan servis per bulan = Rp. 300.000,00
Rp. 300.000,00 x 12 = Rp 3.600.000,00
Untuk mesin produksi : Rp. 100.000,00
Rp. 100.000,00 x 12 = Rp. 1.200.000,00
Gaji pokok tenaga kerja
Untuk gaji tiap karyawan baik implant maupun reguler mendapatkan gaji pokok yang sama yaitu sebesar @ Rp 1.115.000,00.
Untuk karyawan implan dan reguler sebanyak 20 orang
= Rp. 1.115.000,00 x 20 orang = Rp. 22.300.000,00
4.3 Perhitungan biaya
Diketahui :
- Semuanya dihitung dalam satu tahun.
- Biaya bahan baku Rp. 20.340.000.000,00
- Gaji over time ( lembur ) Rp. 4.014.000,00 x 9 orang = Rp. 36.126.000,00
- Tunjangan hari raya keagamaan = Rp. 13.500.000,00 + Rp. 16.500.000,00 = Rp. 30.000.000,00
- Tunjangan bonus akhir tahun = Rp. 10.035.000,00 + Rp. 12.265.000,00 = Rp. 22.300.000,00
- Tunjangan Jamsostek dan kesehatan = Rp.8.028.000,00 + Rp. 9.812.000,00 = Rp. 17.840.000,00
- Biaya listrik = Rp. 4.800.000,00
- Biaya telp = Rp. 4.800.000,00
- Biaya air = Rp. 1.200.000,00
- Biaya transportasi = Rp. 6.000.000,00
- Biaya sewa rumah = Rp. 3.000.000,00
- Tenaga kerja cuci drum = Rp. 14.400.000,00
- Biaya perawatan mobil + mesin = Rp 3.600.000,00 + Rp. 1.200.000,00 = Rp. 4.800.000,00
- Gaji pokok tenaga kerja baik implant maupun reguler = Rp. 22.300.000,00
Ditanya : Total Biaya
Jawab :
Biaya Tetap (Fixed Cost)
- Biaya bahan baku Rp. 20.340.000.000,00
- Gaji over time ( lembur ) Rp. 36.126.000,00
- Tunjangan hari raya keagamaan Rp. 30.000.000,00
- Tunjangan bonus akhir tahun Rp. 22.300.000,00
- Tunjangan Jamsostek dan kesehatan Rp. 17.840.000,00
- Biaya listrik Rp. 4.800.000,00
- Biaya telp Rp. 4.800.000,00
- Biaya air Rp. 1.200.000,00
- Biaya transportasi Rp. 6.000.000,00 +
TOTAL Rp. 20.458.266.000,00
Biaya Variabel
- Biaya sewa rumah Rp. 3.000.000,00
- Tenaga kerja cuci drum Rp. 14.400.000,00
- Biaya perawatan mobil + mesin Rp. 4.800.000,00
- Gaji pokok tenaga kerja implant + reguler Rp. 22.300.000,00 +
TOTAL Rp. 44.500.000,00
TOTAL KESELURUHAN Rp. 20.502.766.000,00
Diketahui : Total Biaya = Harga Pokok Produksi = Rp. 20.502.766.000,00
Ditanya : Harga Jual Produk
Jawab :
HPP = = Rp. 20.502.766.000,00 / 75000 = Rp. 273.370,23
Rp. 273.370,00/ unit
Asumsi Keuntungan yg diperoleh adalah 25 % maka:
Harga jual produk = HPP + (HPP x 25 %)
= R Rp. 273.370,00+ (Rp. 273.370,00x 25 %)
= Rp.341.712,5/unit Rp. 341.712,00 / unit
Pendapatan = Harga jual x Q
= Rp. 341.712,00 x 75000 = Rp. 25.628.400.000,00 / bulan
Diketahui : Fixed Cost =Rp. 20.458.266.000,00
Variable Cost = Rp. 44.500.000,00
Harga jual produk = Rp. 341.712,00 /unit
Ditanya : Jumlah Produk yang dibuat untuk mencapai titik BEP
Jawab :
BEP =
= Rp 102.291.330.000,0
Grafik Analisa BEP
Biaya
Untung VC
Rugi TC
Rp.102.291.330.000,00
Rp.20.458.266.000,00 FC
VL
463 unit
Gambar 4.. Break Event Point dalam waktu 1 tahun
Keterangan gambar :
• VL : Volume Produksi
• FC : Fixed Cost (biaya tetap)
• TC : Total Cost (biaya total)
• VC : Variabel Cost (biaya variabel)
Jumat, 08 Juli 2011
deskripsi sistem informasi perpustakaan
Deskripsi
Software Pembuatan Program Database Perpustakaan ini menggunakan Bahasa Pemprograman Microsoft Visual Basic 6.0 dengan Microsoft Acces 2007 sebagai aplikasi pendukung dalam pembuatan Database Perpustakaan . Database Perpustakaan ini merupakan tempat sekumpulan informasi tentang peminjaman buku yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam sistem transaksi peminjaman buku. Selain itu Program Basis Data ini memuat data Anggota, Data Penyumbang, dan Buku yang tersedia di perpustakaan tersebut. Selain untuk mempercepat dalam penanganan informasi, program ini juga dimaksudkan untuk mempermudah petugas perpustakaan dalam proses peminjamn buku dan proses pengembalian buku.
Dengan adanya software database Perpustakaan ini ditujukan agar petugas perpustakaan tidak lagi menggunakan cara manual dalam melakukan proses kegiatan perpustakaan, dimulai dari pengisiaan formulir anggota hingga proses peminjaman buku dan pengemballian buku kini dapat dilakukan dengan mudah, petugas cukup dengan menginputkan dari software database yang telah dibuat. Softaware ini juga dilengkapi dengan form pencarian buku sehingga anggota perpustakaan yang ingin meminjam buku dapat dengan mudah menemukan buku tersebut karena software ini dilengkapi dengan no rak setiap buku cukup dengan mengetik keyword buku yang ingin dipinjamnya. Software ini juga mempunyai tampilan yang menarik dan mudah dimengerti sehingga petugas dapat dengan mudah untuk mengoperasikan software database perpustakaan ini. Denda bagi anggota yang melanggar peraturan perpustakaan juga tersedia dalam software database perpustakaan ini, denda ini akan terjadi secara otomatis disaat anggota melakukan pelanggaran baik keterlambatan pengembalian, perusakan buku dan kehilangan buku, sistem denda ini mencetak id anggota dan nama anggota secara otomatis disaat proses pengembaliannya mengalami masalah.
Software database ini mempunyai Menu utama sebagai tampilan awal dalam software ini. Di dalam menu utama terdapat beberapa sub menu pilihan yaitu sebagai berikut :
1. Menu Kalender
Menu kalender ini berfungsi untuk menginformasikan tanggal (date) kegiatan perpustakaan yang sedang berlangsung. Yaitu disaat pengisian formulir, peminjaman dan pengembalian buku.
2. Menu Master
Di dalam Menu Mater ini terdapat 5 Buah Sub Menu yaitu Menu formulir pendaftaran anggota , Menu pengolahan data anggota , Menu data buku, dan Menu data penyumbang.
Menu Formulir
Menu ini berfungsi untuk melakukan pendaftaran anggota perpustakaan. Menu ini merupakan menu yang bertugas untuk melakukan Pengisian formulir anggota
Menu Anggota
Menu ini berisi data anggota yang berhasil terdaftar menjadi anggota perpustakaan setelah melakukan pengisian formulir, di dalam menu ini anggota diharuskan mengisi biodata anggota masing-masing.
Menu Data Buku
Menu ini berisi data-data buku yang tersedia dalam perpustakaan dan didalam menu ini kita dapat memasukkan data-data buku yang baru tersedia pada perpustakaan. Menghapus data , dan mengedit data.
Menu Data Penyumbang
Menu Penyumbang ini berisi data-data penyumbang atau donator yang menyumbang sebagian dananya untuk perpustakaan baik berupa uang maupun berupa buku pelajaran. Di dalam Menu Donatur, kita dapat menginput, mengedit, dan menghapus data,serta bisa menghapus data apabila terdapat kesalahan dalam pengisian data
3. Menu Transaksi
Di dalam Menu Mater Transaksi terdapat 2 Buah Sub Menu yaitu Menu Peminjamn buku dan Menu pengembalian buku .
Menu Peminjamn buku
Menu ini berfungsi sebagai proses peminjaman buku, anggota yang ingin meminjam buku cukup memasukkan id anggota, nama anggota dan kode buku yang ingin dipinjam, apabila anggota sulit untuk menemukan buku yang ingin dipinjam anggota bisa melakukan pencarian buku di menu pencarian buku.
Menu Pengembalian buku
Menu ini berisi data-data anggota yang meminjam buku dan menu pengembalian ini berfungsi untuk menginformasikan tanggal pengembalian buku, apabila anggota terlambat mengembalikan buku maka anggota akan terkena sanksi dan denda.
4. Menu Informasi
Di dalam Menu Mater ini terdapat 2 Buah Sub Menu yaitu Menu Informasi Peminajamn buku dan Menu pencarian buku .
Menu Informasi Peminjaman
Menu ini berfungsi untuk menginformasikan tentang ketersediaan buku,daftar anggota peminjam buku, dan daftar anggota yang telah mengembalikan buku, Menu ini berisi data anggota yang melakukan peminjaman buku dan data anggota yang melakukan pengembalian buku.
Menu Pencarian Buku
Menu ini berisi data-data buku, seperti judul,penerbit,pengarang, tahun terbit dan letak rak masing-masing buku. Menu ini berfungsi untuk menginformasikan data-data buku dan letak rak setiap buku, sehingga mempermudah anggota untuk melakukan pencarian buku.
Menu Denda
Menu ini berisi daftar anggota yang terkena sanksi atau denda oleh petugas, karena melakukan beberapa pelanggaran, seperti terlambat mengembalikan buku, menghilangkan dan merusak buku.
5. Menu Keluar
Menu ini berfungsi untuk mengakhiri proses Database Perpustakaan
Software Pembuatan Program Database Perpustakaan ini menggunakan Bahasa Pemprograman Microsoft Visual Basic 6.0 dengan Microsoft Acces 2007 sebagai aplikasi pendukung dalam pembuatan Database Perpustakaan . Database Perpustakaan ini merupakan tempat sekumpulan informasi tentang peminjaman buku yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam sistem transaksi peminjaman buku. Selain itu Program Basis Data ini memuat data Anggota, Data Penyumbang, dan Buku yang tersedia di perpustakaan tersebut. Selain untuk mempercepat dalam penanganan informasi, program ini juga dimaksudkan untuk mempermudah petugas perpustakaan dalam proses peminjamn buku dan proses pengembalian buku.
Dengan adanya software database Perpustakaan ini ditujukan agar petugas perpustakaan tidak lagi menggunakan cara manual dalam melakukan proses kegiatan perpustakaan, dimulai dari pengisiaan formulir anggota hingga proses peminjaman buku dan pengemballian buku kini dapat dilakukan dengan mudah, petugas cukup dengan menginputkan dari software database yang telah dibuat. Softaware ini juga dilengkapi dengan form pencarian buku sehingga anggota perpustakaan yang ingin meminjam buku dapat dengan mudah menemukan buku tersebut karena software ini dilengkapi dengan no rak setiap buku cukup dengan mengetik keyword buku yang ingin dipinjamnya. Software ini juga mempunyai tampilan yang menarik dan mudah dimengerti sehingga petugas dapat dengan mudah untuk mengoperasikan software database perpustakaan ini. Denda bagi anggota yang melanggar peraturan perpustakaan juga tersedia dalam software database perpustakaan ini, denda ini akan terjadi secara otomatis disaat anggota melakukan pelanggaran baik keterlambatan pengembalian, perusakan buku dan kehilangan buku, sistem denda ini mencetak id anggota dan nama anggota secara otomatis disaat proses pengembaliannya mengalami masalah.
Software database ini mempunyai Menu utama sebagai tampilan awal dalam software ini. Di dalam menu utama terdapat beberapa sub menu pilihan yaitu sebagai berikut :
1. Menu Kalender
Menu kalender ini berfungsi untuk menginformasikan tanggal (date) kegiatan perpustakaan yang sedang berlangsung. Yaitu disaat pengisian formulir, peminjaman dan pengembalian buku.
2. Menu Master
Di dalam Menu Mater ini terdapat 5 Buah Sub Menu yaitu Menu formulir pendaftaran anggota , Menu pengolahan data anggota , Menu data buku, dan Menu data penyumbang.
Menu Formulir
Menu ini berfungsi untuk melakukan pendaftaran anggota perpustakaan. Menu ini merupakan menu yang bertugas untuk melakukan Pengisian formulir anggota
Menu Anggota
Menu ini berisi data anggota yang berhasil terdaftar menjadi anggota perpustakaan setelah melakukan pengisian formulir, di dalam menu ini anggota diharuskan mengisi biodata anggota masing-masing.
Menu Data Buku
Menu ini berisi data-data buku yang tersedia dalam perpustakaan dan didalam menu ini kita dapat memasukkan data-data buku yang baru tersedia pada perpustakaan. Menghapus data , dan mengedit data.
Menu Data Penyumbang
Menu Penyumbang ini berisi data-data penyumbang atau donator yang menyumbang sebagian dananya untuk perpustakaan baik berupa uang maupun berupa buku pelajaran. Di dalam Menu Donatur, kita dapat menginput, mengedit, dan menghapus data,serta bisa menghapus data apabila terdapat kesalahan dalam pengisian data
3. Menu Transaksi
Di dalam Menu Mater Transaksi terdapat 2 Buah Sub Menu yaitu Menu Peminjamn buku dan Menu pengembalian buku .
Menu Peminjamn buku
Menu ini berfungsi sebagai proses peminjaman buku, anggota yang ingin meminjam buku cukup memasukkan id anggota, nama anggota dan kode buku yang ingin dipinjam, apabila anggota sulit untuk menemukan buku yang ingin dipinjam anggota bisa melakukan pencarian buku di menu pencarian buku.
Menu Pengembalian buku
Menu ini berisi data-data anggota yang meminjam buku dan menu pengembalian ini berfungsi untuk menginformasikan tanggal pengembalian buku, apabila anggota terlambat mengembalikan buku maka anggota akan terkena sanksi dan denda.
4. Menu Informasi
Di dalam Menu Mater ini terdapat 2 Buah Sub Menu yaitu Menu Informasi Peminajamn buku dan Menu pencarian buku .
Menu Informasi Peminjaman
Menu ini berfungsi untuk menginformasikan tentang ketersediaan buku,daftar anggota peminjam buku, dan daftar anggota yang telah mengembalikan buku, Menu ini berisi data anggota yang melakukan peminjaman buku dan data anggota yang melakukan pengembalian buku.
Menu Pencarian Buku
Menu ini berisi data-data buku, seperti judul,penerbit,pengarang, tahun terbit dan letak rak masing-masing buku. Menu ini berfungsi untuk menginformasikan data-data buku dan letak rak setiap buku, sehingga mempermudah anggota untuk melakukan pencarian buku.
Menu Denda
Menu ini berisi daftar anggota yang terkena sanksi atau denda oleh petugas, karena melakukan beberapa pelanggaran, seperti terlambat mengembalikan buku, menghilangkan dan merusak buku.
5. Menu Keluar
Menu ini berfungsi untuk mengakhiri proses Database Perpustakaan
Sistem Informasi Perpustakaan
Analisis DataBase Perpustakaan
Dalam menganalisa data – data yang telah diperoleh, Dalam Membangun Database Perpustakaan digunakan metode analisis kualitatif dimana yang lebih diutamakan adalah mutu dari pengolahan data dengan menggunakan sistem pemrosesan Basis data sebagai perbandingan atas sistem pemrosesan manual. Dalam pembuatan program database dari data – data tersebut, penulis menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic dengan disertai program bantu Menggunakan Microsoft Access Sebagai pembantu untuk mengkoneksikan database yang berupa tabel-tabel dan field-field yang mengkoneksikan data program dan hubungan antara program yang satu dengan program yang lainnya
Analisa Database Perpustakaan Menggunakan Ms.Access
Langkah yang harus dilakukan sebelum membuat suatu database adalah kita harus merancang tabel-tabel dan field-fieldnya.
A. Merancang Tabel
Untuk kali ini yang akan dibuat adalah Database Perpustakaan menggunakan Ms.Access 2007. Tabel yang akan digunakan untuk adalah tabel Anggota,tabel Buku,Tabel formulir,tabel penyumbang dan tabel Pinjam.
Rincian Tabel
B. Membuat Tabel
Jalankan aplikasi Ms.Access 2007 anda, setelah terbuka pilih ”blank database” untuk memulai membuat.
Dan simpan dengan nama perpustakaan, dan akan muncul jendela seperti dibawah.
Tabel Anggota
Untuk memulai membuat tabel pilih ” Create table in Desaign view ”, maka akan muncul tampilan dan isikan field-field table yang sudah di rancang seperti di atas tadi, simpan dengan nama tabel Anggota dan jangan lupa jadikanlah ID_Anggota sebagai primary key dengan cara mengeblok baris ID_Anggota lalu pilih icon kunci di toolbar.
Tabel Buku
Langkah untuk membuat tabel Buku sama seperti tabel Anggota. Jadikan No_Buku sebagai primary key dan simpan dengan nama tabel Buku.
Tabel Peminjaman
Langkah untuk membuat tabel Pinjam sama seperti tabel Anggota dan Buku. Jadikan No_Pinjam sebagai primary key dan simpan dengan nama tabel Pinjam.
Setelah selesai membuat tabel maka akan kelihatan seperti berikut.
C. Relationships
Setelah selesai membuat tabel, langkah selanjutnya kita membuat relasi antar tabel, yaitu dengan cara klick icon relationships di toolbar.
Muncul konfirmasi ”show table”, klick tabel yang ingin di keluarkan lalu add untuk memunculkan tabel tersebut.
Untuk membuat relasi caranya drag field primary key ke field yang di tuju di table lain. Kalau disini field ID_Anggota yang ada di table Anggota di drag ke ID_Anggota yang di table Pinjam. Begitupun dengan No_Buku yang di table buku dan Pinjam, dan atur seperti gambar di bawah.
Hasil relasi.
D. Mengisi Tabel
Setelah selesai merelasikan seluruh tabel, kita bisa langsung mengisi tabel-tabel tersebut dengan cara klick 2x nama tabel.
Tabel Pengisian Formulir Anggota Perpus
Untuk memulai membuat tabel pilih ” Create table in Desaign view ”, maka akan muncul tampilan dan isikan field-field table yang sudah di rancang seperti di atas tadi, simpan dengan nama tabel Formulir , Tabel Formulir ini berfungsi untuk menjadi anggota perpustakaan.
Gambar Hasil pembuatan Database Perpustakaan
ER-Diagram Database Perpustakaan
ERD adalah suatu pemodelan dari basisdata relasional yang didasarkan atas persepsi di dalam dunia nyata, dunia ini senantiasa terdiri dari sekumpulan objek yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Suatu objek disebut entity dan hubungan yang dimilikinya disebut relationship.menjadi mentalist Suatu entity bersifat unik dan memiliki atribut sebagai pembeda dengan entity lainnya. Contoh : entity Mahasiswa, mempunyai atribut nama, umur, alamat, dan nim. Diagram E-R terdiri dari:
• Kotak persegi panjang, menggambarkan himpunan entitas
• Elip, menggambarkan atribut-atribut entitas
• Diamon, menggambarkan hubungan antara himpunan entitas
• Garis, yang menghubungkan antar objek dalam diagram E-R,
Struktur dari E-R Diagram secara umum ialah terdiri dari:
• Entitas merupakan objek utama yang informasi akan disimpan, biasanya berupa kata benda, ex; Mahasiswa, Dosen, Anggota Perpus, Buku, Ruangan, dan lain-lain. Objek dapat berupa benda nyata maupun abstrak.
• Atribut merupakan deskripsi dari objek yang bersangkutan.
• Relationship merupakan suatu hubungan yang terjalin antara dua entitas yang ada.
Contoh ER-Diagram Data Base Peprpustakaan
Dimana Entitas-Entitas dari database perpustakaan ini terdiri dari Pendaftaran, Anggota, Daftar Peminjaman, Daftar Buku, Dan donatur atau peminjam.
DATA FLOW DIAGRAM (DFD)
Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan system sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart, Bubble diagram, model proses, diagram alur kerja, atau model fungsi. DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem. DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah
dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.
DFD Database Perpustakaan
DFD Database Perpustakaan Untuk Proses Peminjaman Buku Mahasiswa diharuskan mempunyai kartu Anggota Terlebih Dahulu, Yaituu Dengan Mengisi Formulir terlebih dahulu dengan tujuan mempunyai kartu anggota dengan masa berlaku yang telah ditentukan oleh Petugas Perpustakaan, Setelah Itu Mahasiswa/ Anggota Mengisi Data Anggota sebagai laporan terhadap Kepala Perpustakaan, Untuk melakukan peminjaman buku anggota cukup memasukkan id anggota yang sudah ditentukan disaat pengisian formulir dan memilih buku yang akan dipinjam, dan semua laporan akan diterima oleh Kepala Perpustakaan baik laporan data Anggota, Data Peminjaman, Data Buku, Data Denda maupun Data Petugas itu sendiri. Semua system akan berjalan secara otomatis.
UML (Unified Modeling Language)
Dalam suatu proses pengembangan software, analisa dan rancangan telah merupakan terminologi yang sangat tua. Pada saat masalah ditelusuri dan spesifikasi dinegoisasikan, dapat dikatakan kita beradapada tahap rancangan. Merancang adalah menemukan suatu cara untuk menyelesaikan masalah, salah satu tool / model untuk merancang pengembangan software yang berbasis object oriented adalah UML.
UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented). UML sendiri juga memberikan standar penulisan sebuah sistem blue print, yang meliputi konsep bisnis proses, penulisan kelas-kelas dalam bahasa program yang spesifik, skema database, dan komponen-komponen yang diperlukan dalam sistem software.
Gambar cdm Database Perpustakaan
Form Tampilan Utama Database Perpustakaan
Form utama project database perpustakaan dengan munggunakan program Visual Basic 6.0 dan Microsoft acces sebagai pendukungnya., form tampilan ini merupakan menu pilihan dalam database perpustakaan. Di dalam Menu Utama ini terdapat 4 Buah Menu master, Kalender, Transaksi, Masing – masing menu ini memiliki submenu - submenu yang dapat menampilkan form – form yang sesuai. Laporan. Form ini bertujuan untuk menampilkan form-form yang lain.
Form Pengisian Formulir
Form Formulir ini merupakan form yang bertugas untuk melakukan Pengisian formuir anggota. Sehingga kita dapat mempunyai kartu anggota yang nantinyan kita dapat mealakukan peminjaman buku dengan memasukkan nama anggota, id anggota, alamat anggota, dan status anggota. Di dalam Menu Formulir ini, kita dapat menginput, mengedit,dan menghapus data.
Form Donatur Atau Penyumbang
Form Penyumbang ini berisi data-data penyumbang atau donator yang menyumbang sebagian dananya untuk perpustakaan baik berupa uang maupun berupa buku pelajaran. Di dalam Menu Donatur, kita dapat menginput, mengedit,dan menghapus data,serta bisa menghapus data apabila terdapat kesalahan dalam pengisian data
Form Pencarian Buku
Form Pencarian Ini merupakan form yang bertujuan bagi anggota yang ingin melakukan pencarian buku yang ingin dipinjam. Form ini akan menunjukkan nama pengarang, nama penerbit, tebal halaman dan juga menunjukkan no rak buku tersebut, sehingga peminjam dapat denagn mudah menemukan buku yang ikin dipinjamnya.
Form Anggota
Form anggota berisi inputan biodata anggota yang telah mengisi formulir yang terdiri dari id anggota, tempat tanggal lahir, alamat anggota. status anggota baik mahasiswa, dosen , pegawai, maupun masyarakat umum. Form Anggota juga bisa mengedit data dan menghapus data.
Form Buku
Form buku ini berisi data-data buku yang tersedia pada perpustakaan dan form ini juga dapat memasukkan data-data buku yang baru tersedia pada perpustakaan. Yaitu pada buttons tambah. Maka buku yang baru diinputkan dapat dilihat pada datagrid form tersebut.
Dalam menganalisa data – data yang telah diperoleh, Dalam Membangun Database Perpustakaan digunakan metode analisis kualitatif dimana yang lebih diutamakan adalah mutu dari pengolahan data dengan menggunakan sistem pemrosesan Basis data sebagai perbandingan atas sistem pemrosesan manual. Dalam pembuatan program database dari data – data tersebut, penulis menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic dengan disertai program bantu Menggunakan Microsoft Access Sebagai pembantu untuk mengkoneksikan database yang berupa tabel-tabel dan field-field yang mengkoneksikan data program dan hubungan antara program yang satu dengan program yang lainnya
Analisa Database Perpustakaan Menggunakan Ms.Access
Langkah yang harus dilakukan sebelum membuat suatu database adalah kita harus merancang tabel-tabel dan field-fieldnya.
A. Merancang Tabel
Untuk kali ini yang akan dibuat adalah Database Perpustakaan menggunakan Ms.Access 2007. Tabel yang akan digunakan untuk adalah tabel Anggota,tabel Buku,Tabel formulir,tabel penyumbang dan tabel Pinjam.
Rincian Tabel
B. Membuat Tabel
Jalankan aplikasi Ms.Access 2007 anda, setelah terbuka pilih ”blank database” untuk memulai membuat.
Dan simpan dengan nama perpustakaan, dan akan muncul jendela seperti dibawah.
Tabel Anggota
Untuk memulai membuat tabel pilih ” Create table in Desaign view ”, maka akan muncul tampilan dan isikan field-field table yang sudah di rancang seperti di atas tadi, simpan dengan nama tabel Anggota dan jangan lupa jadikanlah ID_Anggota sebagai primary key dengan cara mengeblok baris ID_Anggota lalu pilih icon kunci di toolbar.
Tabel Buku
Langkah untuk membuat tabel Buku sama seperti tabel Anggota. Jadikan No_Buku sebagai primary key dan simpan dengan nama tabel Buku.
Tabel Peminjaman
Langkah untuk membuat tabel Pinjam sama seperti tabel Anggota dan Buku. Jadikan No_Pinjam sebagai primary key dan simpan dengan nama tabel Pinjam.
Setelah selesai membuat tabel maka akan kelihatan seperti berikut.
C. Relationships
Setelah selesai membuat tabel, langkah selanjutnya kita membuat relasi antar tabel, yaitu dengan cara klick icon relationships di toolbar.
Muncul konfirmasi ”show table”, klick tabel yang ingin di keluarkan lalu add untuk memunculkan tabel tersebut.
Untuk membuat relasi caranya drag field primary key ke field yang di tuju di table lain. Kalau disini field ID_Anggota yang ada di table Anggota di drag ke ID_Anggota yang di table Pinjam. Begitupun dengan No_Buku yang di table buku dan Pinjam, dan atur seperti gambar di bawah.
Hasil relasi.
D. Mengisi Tabel
Setelah selesai merelasikan seluruh tabel, kita bisa langsung mengisi tabel-tabel tersebut dengan cara klick 2x nama tabel.
Tabel Pengisian Formulir Anggota Perpus
Untuk memulai membuat tabel pilih ” Create table in Desaign view ”, maka akan muncul tampilan dan isikan field-field table yang sudah di rancang seperti di atas tadi, simpan dengan nama tabel Formulir , Tabel Formulir ini berfungsi untuk menjadi anggota perpustakaan.
Gambar Hasil pembuatan Database Perpustakaan
ER-Diagram Database Perpustakaan
ERD adalah suatu pemodelan dari basisdata relasional yang didasarkan atas persepsi di dalam dunia nyata, dunia ini senantiasa terdiri dari sekumpulan objek yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Suatu objek disebut entity dan hubungan yang dimilikinya disebut relationship.menjadi mentalist Suatu entity bersifat unik dan memiliki atribut sebagai pembeda dengan entity lainnya. Contoh : entity Mahasiswa, mempunyai atribut nama, umur, alamat, dan nim. Diagram E-R terdiri dari:
• Kotak persegi panjang, menggambarkan himpunan entitas
• Elip, menggambarkan atribut-atribut entitas
• Diamon, menggambarkan hubungan antara himpunan entitas
• Garis, yang menghubungkan antar objek dalam diagram E-R,
Struktur dari E-R Diagram secara umum ialah terdiri dari:
• Entitas merupakan objek utama yang informasi akan disimpan, biasanya berupa kata benda, ex; Mahasiswa, Dosen, Anggota Perpus, Buku, Ruangan, dan lain-lain. Objek dapat berupa benda nyata maupun abstrak.
• Atribut merupakan deskripsi dari objek yang bersangkutan.
• Relationship merupakan suatu hubungan yang terjalin antara dua entitas yang ada.
Contoh ER-Diagram Data Base Peprpustakaan
Dimana Entitas-Entitas dari database perpustakaan ini terdiri dari Pendaftaran, Anggota, Daftar Peminjaman, Daftar Buku, Dan donatur atau peminjam.
DATA FLOW DIAGRAM (DFD)
Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan system sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart, Bubble diagram, model proses, diagram alur kerja, atau model fungsi. DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem. DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah
dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.
DFD Database Perpustakaan
DFD Database Perpustakaan Untuk Proses Peminjaman Buku Mahasiswa diharuskan mempunyai kartu Anggota Terlebih Dahulu, Yaituu Dengan Mengisi Formulir terlebih dahulu dengan tujuan mempunyai kartu anggota dengan masa berlaku yang telah ditentukan oleh Petugas Perpustakaan, Setelah Itu Mahasiswa/ Anggota Mengisi Data Anggota sebagai laporan terhadap Kepala Perpustakaan, Untuk melakukan peminjaman buku anggota cukup memasukkan id anggota yang sudah ditentukan disaat pengisian formulir dan memilih buku yang akan dipinjam, dan semua laporan akan diterima oleh Kepala Perpustakaan baik laporan data Anggota, Data Peminjaman, Data Buku, Data Denda maupun Data Petugas itu sendiri. Semua system akan berjalan secara otomatis.
UML (Unified Modeling Language)
Dalam suatu proses pengembangan software, analisa dan rancangan telah merupakan terminologi yang sangat tua. Pada saat masalah ditelusuri dan spesifikasi dinegoisasikan, dapat dikatakan kita beradapada tahap rancangan. Merancang adalah menemukan suatu cara untuk menyelesaikan masalah, salah satu tool / model untuk merancang pengembangan software yang berbasis object oriented adalah UML.
UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented). UML sendiri juga memberikan standar penulisan sebuah sistem blue print, yang meliputi konsep bisnis proses, penulisan kelas-kelas dalam bahasa program yang spesifik, skema database, dan komponen-komponen yang diperlukan dalam sistem software.
Gambar cdm Database Perpustakaan
Form Tampilan Utama Database Perpustakaan
Form utama project database perpustakaan dengan munggunakan program Visual Basic 6.0 dan Microsoft acces sebagai pendukungnya., form tampilan ini merupakan menu pilihan dalam database perpustakaan. Di dalam Menu Utama ini terdapat 4 Buah Menu master, Kalender, Transaksi, Masing – masing menu ini memiliki submenu - submenu yang dapat menampilkan form – form yang sesuai. Laporan. Form ini bertujuan untuk menampilkan form-form yang lain.
Form Pengisian Formulir
Form Formulir ini merupakan form yang bertugas untuk melakukan Pengisian formuir anggota. Sehingga kita dapat mempunyai kartu anggota yang nantinyan kita dapat mealakukan peminjaman buku dengan memasukkan nama anggota, id anggota, alamat anggota, dan status anggota. Di dalam Menu Formulir ini, kita dapat menginput, mengedit,dan menghapus data.
Form Donatur Atau Penyumbang
Form Penyumbang ini berisi data-data penyumbang atau donator yang menyumbang sebagian dananya untuk perpustakaan baik berupa uang maupun berupa buku pelajaran. Di dalam Menu Donatur, kita dapat menginput, mengedit,dan menghapus data,serta bisa menghapus data apabila terdapat kesalahan dalam pengisian data
Form Pencarian Buku
Form Pencarian Ini merupakan form yang bertujuan bagi anggota yang ingin melakukan pencarian buku yang ingin dipinjam. Form ini akan menunjukkan nama pengarang, nama penerbit, tebal halaman dan juga menunjukkan no rak buku tersebut, sehingga peminjam dapat denagn mudah menemukan buku yang ikin dipinjamnya.
Form Anggota
Form anggota berisi inputan biodata anggota yang telah mengisi formulir yang terdiri dari id anggota, tempat tanggal lahir, alamat anggota. status anggota baik mahasiswa, dosen , pegawai, maupun masyarakat umum. Form Anggota juga bisa mengedit data dan menghapus data.
Form Buku
Form buku ini berisi data-data buku yang tersedia pada perpustakaan dan form ini juga dapat memasukkan data-data buku yang baru tersedia pada perpustakaan. Yaitu pada buttons tambah. Maka buku yang baru diinputkan dapat dilihat pada datagrid form tersebut.
Jumat, 15 April 2011
Tutorial instalasi Libre Office di Ubuntu 10.10
Libre Office merupakan salah satu alternatif dari aplikasi perkantoran yang juga memiliki lisensi Open Source. Libre Office mulai digunakan oleh banyak distro Linux menggantikan Open Office. Ubuntu 11.04 juga menyertakan Libre Office sebagai aplikasi perkantorannya. Berhubung waktu release Ubuntu 11.04 masih 1 bulan lagi, dan bagi para agan-agan yang sudah tidak sabar untuk menikmati Libre Office ini dapat mencoba tutorial ini. Dibaca sampai tuntas ya para agan sekalian
1. Langkah pertama silahkan download program Libre Office di situs resmi Libre Office. Atau anda dapat mengklik link berikut ini
2. Pilih paket debian, lalu klik link dengan tulisan LibO_3.3.2_Linux_x86_install-deb_en-US.tar.gz untuk mendownload paket installer Libre Office. dan klik link dengan tulisan LibO_3.3.2_Linux_x86_helppack-deb_en-US.tar.gz untuk mendownload help pack dari Libre Office. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini
3. Setelah proses download selesai ekstrak file LibO_3.3.2_Linux_x86_install-deb_en-US.tar.gz dengan melakukan klik kanan pada file tersebut dan pilih menu extract here. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini
4. Langkah berikutnya masuk ke folder deb hasil ekstrak dari Libre Office dengan mengetikkan perintah cd diikuti dengan lokasi tempat hasil ekstrak libre office berada.Pada kasus saya, saya menaruh hasil ekstrak Libre Office di home directory saya. maka saya mengetikkan perintah cd /home/nama user saya/LibO_3.3.2rc2_Linux_x86_install-deb_en-US/DEBS di terminal.
5. setelah masuk ke folder DEBS yang berada di dalam folder LibO_3.3.2rc2_Linux_x86_install-deb_en-US, langkah berikutnya adalah mengetikkan perintah sudo dpkg -i *.deb di terminal.
6. Langkah berikutnya masuk ke folder desktop-integration dengan mengetikkan perintah cd desktop-integration. Folder ini terletak di dalam folder DEBS.
7. Langkah terakhir adalah mengetikkan perintah sudo dpkg -i *.deb di terminal.
Setelah proses instalasi selesai, kamu dapat mengakses program Libre Office di menu Applications->Office. Akhir kata selamat mencoba dan good luck
Libre Office merupakan salah satu alternatif dari aplikasi perkantoran yang juga memiliki lisensi Open Source. Libre Office mulai digunakan oleh banyak distro Linux menggantikan Open Office. Ubuntu 11.04 juga menyertakan Libre Office sebagai aplikasi perkantorannya. Berhubung waktu release Ubuntu 11.04 masih 1 bulan lagi, dan bagi para agan-agan yang sudah tidak sabar untuk menikmati Libre Office ini dapat mencoba tutorial ini. Dibaca sampai tuntas ya para agan sekalian
1. Langkah pertama silahkan download program Libre Office di situs resmi Libre Office. Atau anda dapat mengklik link berikut ini
2. Pilih paket debian, lalu klik link dengan tulisan LibO_3.3.2_Linux_x86_install-deb_en-US.tar.gz untuk mendownload paket installer Libre Office. dan klik link dengan tulisan LibO_3.3.2_Linux_x86_helppack-deb_en-US.tar.gz untuk mendownload help pack dari Libre Office. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini
3. Setelah proses download selesai ekstrak file LibO_3.3.2_Linux_x86_install-deb_en-US.tar.gz dengan melakukan klik kanan pada file tersebut dan pilih menu extract here. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini
4. Langkah berikutnya masuk ke folder deb hasil ekstrak dari Libre Office dengan mengetikkan perintah cd diikuti dengan lokasi tempat hasil ekstrak libre office berada.Pada kasus saya, saya menaruh hasil ekstrak Libre Office di home directory saya. maka saya mengetikkan perintah cd /home/nama user saya/LibO_3.3.2rc2_Linux_x86_install-deb_en-US/DEBS di terminal.
5. setelah masuk ke folder DEBS yang berada di dalam folder LibO_3.3.2rc2_Linux_x86_install-deb_en-US, langkah berikutnya adalah mengetikkan perintah sudo dpkg -i *.deb di terminal.
6. Langkah berikutnya masuk ke folder desktop-integration dengan mengetikkan perintah cd desktop-integration. Folder ini terletak di dalam folder DEBS.
7. Langkah terakhir adalah mengetikkan perintah sudo dpkg -i *.deb di terminal.
Setelah proses instalasi selesai, kamu dapat mengakses program Libre Office di menu Applications->Office. Akhir kata selamat mencoba dan good luck
Langganan:
Postingan (Atom)