Rabu, 20 Januari 2010

PKM terdiri dari
• PKM AI
• PKM GT
• PKM P
• PKM Kewirausahaan
• PKM Penerapan Teknologi
• PKM Pengabdian Masyarakat


Format proposal PKM sekarang :
1. Judul Program
2. Latar Belakang Masalah
3. Perumusan Masalah
4. Tujuan Program
5. Luaran Yang Diharapkan
6. Kegunaan Program
7. – Tinjauan Pustaka (untuk PKMP dan PKMT)
- Gambaran Umum Rencana Usaha (ulasan mengenai hasil survai pasar atau survai kelayakan usaha untuk kegiatan kewirausahaan yang direncanakan dalam PKMK)
- Gambaran Umum Masyarakat Sasaran (untuk PKMM)
8. Metode Penelitian / Metode Pelaksanaan Program
9. Jadwal Kegiatan Program
10. Nama dan Biodata Ketua serta Anggota Kelompok
11. Nama dan Biodata Dosen Pendamping
12. Biaya
13. Daftar Pustaka (untuk PKMP dan PKMT, optional utk PKMK-PKMM)
14. Lampiran bila ada





FORMAT KULIT MUKA USULAN PKM

PKM-P warna Putih
PKM-T warna Biru
PKM-K warna Kuning
PKM-M warna Merah


(ukuran A-4)


logo
perguruan
tinggi

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM
________________________________________
BIDANG KEGIATAN:*
PKM _______

Diusulkan oleh:

______________ (Nama ketua kelompok)
______________ (Nama-nama anggota Kelompok)
______________ (Penulisan nama ketua maupun anggota
______________ harus menyertakan nim dan tahun
angkatan)



NAMA PERGURUAN TINGGI
KOTA
TAHUN
* Pilih salah satu bidang kegiatan (PKM-P, PKM-T, PKM-K, PKM-M)

Sabtu, 09 Januari 2010

LOCALHOST
• Localhost adalah suatu media yang dapat membuat website sendiri di komputer tanpa ada sambungan dari internet
• Agar komputer yang digunakan dapat Localhost maka harus di install Wamp5 terlebih dahulu
• Cara menginstal Wamp5 sama seperti menginstal pada umumnya, tinggal megikuti langkah-langkah yang telah diberi putunjuk oleh komputer
• Setelah Wamp5 dapat terinstal secara sempurna baru kita membuat website sendiri dengan menggunakan program seperti : Notepad, Microsoft Frontpage, Microsoft Publisher, Dreamweaver, dll.
• Kemudian baru kita memanggilnya lewat internet explorer dengan urutan alamat :
1. http://
2. localhost
3. tempat penyimpanan
4. judul
5. diakhiri .com

Kamis, 31 Desember 2009

PKM

PKM ( Penelitian Kreativitas Mahasiswa)
Jenis PKM
PKM-P
merupakan program penelitian yang bertujuan antara
lain: untuk mengidentifikasi faktor penentu mutu
produk, menemukan hubungan sebab-akibat antara
dua atau lebih faktor, menguji cobakan sebuah bentuk
atau peralatan, merumuskan metode pembelajaran,
melakukan inventarisasi sumber daya, memodifikasi
produk eksisting, mengidentifikasi senyawa kimia di
dalam tanaman, menguji khasiat ekstrak tanaman,
merumuskan teknik pemasaran, survei kesehatan anak
jalanan, metode pembelajaran aksara Bali di siswa
sekolah dasar, laju pertumbuhan ekonomi di sentra
kerajinan Kasongan, faktor penyebab tahayul yang
mewarnai perilaku masyarakat Jawa dan lain-lain
kegiatan yang memiliki tujuan semacam itu.

PKM-T
merupakan program bantuan teknologi (mutu bahan
baku, prototipe, model, peralatan atau proses produksi,
pengolahan limbah, sistem jaminan mutu dan lain-
lain) atau manajemen (pemasaran, pembukuan, status
usaha dan lain-lain) atau lainnya bagi industri berskala
mikro atau kecil (industri rumahan, pedagang kecil atau
koperasi) sesuai kebutuhan calon mitra program.
PKMT mewajibkan mahasiswa bertukar pikiran dengan
mitra terlebih dahulu, karena produk PKMT merupakan
solusi atas persoalan yang diprioritaskan mitra. Dengan
demikian, di dalam usul program harus dilampirkan Surat
Pernyataan Kesediaan Bekerjasama dari Mitra pada kertas
bermaterai Rp 6.000,- .

PKM-K
merupakan program pengembangan ketrampilan
mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada
profit. Komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupa
barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu
modal dasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki
pasar.

PKM-M
merupakan program bantuan ilmu pengetahuan,
teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja,
membangun keterampilan usaha, penataan dan
perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan
masyarakat, sosialisasi penggunaan obat secara rasional,
pengenalan dan pemahaman aspek hukum adat, upaya
penyembuhan buta aksara dan lain-lain bagi masyarakat
baik formal maupun non-formal.

PKM-AL
merupakan program penulisan artikel ilmiah yang
bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam
pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada
masyarakat yang telah dilakukannya sendiri (studi kasus,
praktek lapang, KKN, PKM, magang, dan lain-lain).

PKM-GT
merupakan program penulisan artikel ilmiah yang
bersumber dari ide atau gagasan kelompok mahasiswa.
Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu aktual yang
dapat ditemukan di masyarakat dan memerlukan solusi
hasil karya pikir yang cerdas dan realistik.

Jumat, 18 Desember 2009

Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.

Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.

Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup - yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo! tertinggal sedikit di belakang). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber-terbuka (open-source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.

Rabu, 25 November 2009

INTITUT TEKNOLOGI ADITAMA SURABAYA (ITATS)
TUGAS PTI



Nama kelompok

1. Khairil Anam (06.2009.1.05095)
2. Budi Hendra Dinata (06.2009.1.05093)
3. Dwi Prayitno (06.2009.1.05139)



Judul Proposal

1. Printer dalam laptop
2. Modem Berbentuk Gelang
3. Listrik Alternatif
4. Laptop dengan kamera ganda (depan belakang)

Kamis, 05 November 2009

Computer Networking

• The object of networking is communication between applications on different computers
• The networking consist of Lan, Man , Wan
• Four Steps to Networking
1. Communicating across a link
2. Connecting together multiple links (internetworking)
3. Finding and routing data to nodes on internetwork
4. Matching application requirements
A. First step : Creating a link between nodes

• Types of Links
a) Point to point b) Multiples access



• Packet Transmission Modes
Unicast, Broadcast, Multicast, Anycast
• Switch network : moves bits between links ,Packet switching and Circuit switching
• Packet switching : Interleave packets from different sources
• Statistical Multiplexing Gain
1 Mbps link; users require 0.1 Mbps when transmitting; users active only 10% of the time.
• Characteristics of Packet Switching
Store and forward ; Packets are self contained units,Can use alternate paths – reordering
B. Second Step: Internet[work]
1. A collection of interconnected networks
2. Host: network endpoints (computer, PDA, light switch, …)
3. Router: node that connects networks
4. Internet vs. internet
• Challenge
1. Many differences between networks : Address formats,Performance – bandwidth/latency,
Packet size, Loss rate/pattern/handling, Routing.
2. How to translate between various network technologies
C. Third Step
1. Naming , Domain Name System, Packet Routing/Delivery, Address Resolution Protocol, Routing
D. Fourth Step: Application Demands
1. Reliability : Corruption, Lost packets
2. Flow and congestion control
3. Fragmentation
4. In-order delivery
• Problem: Network Overload
• Network Functionality Summary : Link,Multiplexing , Routing, Addressing/naming (locating peers),Reliability, Flow control, Fragmentation.
• Layering is Modular approach to network functionality
• Protokol: Module in layered structure
• E.g.: OSI Model: 7 Protocol Layers : Physical, Data link , Network ,Transport, Session, Presentation, Application
• Lecture Tropick : Traditional and Resent Tropics
• Design Considerations : determine split of functionality, Assigned Reading


Nama : Khairil Anam
NPM : 06 2009 1 05095
No abs : 22

Rabu, 04 November 2009

SYSTEM OPERASI

Sistem operasi terdiri dari :

  1. Softawre tersembunyi 1

  2. Software tersembunyi 2

  3. Software tyersembunyi 3

Perkembangan system operasi

  1. MS Dos

Mempergunakan antarmuka untuk pengguna dengan commamd line

  1. Microsoft windows

Menggunakan antar muka dengann warna warni

  1. Windows 95

Windows 95 tidak memerlukan preinstallED DOS Akan tetapi intruksi DOS masih bisa dijalankan

  1. Windows 98

Windows 98 merupakan variasi dari windows 95 dan punya tampilan yang sama

  1. Windows ME ( Milenium Edition )

Anggota lainnya darii windows 9x adalah windows millennium edition

  1. Windows NT (New Teknologi)

Windows ini banyak digunakan diperusahaan

  1. Windows 2000

Windows ini adalah generasi terakhir dari seri windows NT

  1. Windows XP

Terdapat fasilitas koneksi internet

  1. Mac os

  2. UNIC

  3. LINUX

Linux mengunakan command line interface

  1. Sistem operasi jaringan

  2. Sistem operasi computer besar

  3. Resource allocation

  4. Multiprograming

  5. Time sharing

  6. Sharing Memory

  7. Virtual Storage

  8. Memory Protaction

  9. File Manager

  10. Defragmenter



SEJARAH KOMPUTER



  1. Alat hgitung tradisional dan kalkulator mekanik (5000 tahun yang lalu)

  2. Komputer generasi pertama ( 1941)

  3. Komputer generasi ke 2 (1948)

  4. Komputer generasi ke 3 (1958)

  5. Komputer generasi ke 4 (1980)

  6. Komputer generasi ke 5 (2001)